Image

 

Keputihan tentu bukan menjadi suatu hal yang asing lagi terutama bagi kaum hawa. Permasalahan keputihan merupakan permasalahan klasik pada kebanyakan kaum wanita. Ironisnya kebanyakan wanita menganggap enteng dengan permasalahan ini karena mereka tidak mengetahui sebab dan akibat dari keputihan. Mereka tidak tahu kalau hal yang mereka anggap enteng itu dapat berubah menjadi sesosok monster yang menyeramkan. Keputihan akan berakibat fatal jika tidak segera di tangani dengan baik. Kemandulan dan kehamilan di luar kandungan (kehamilan ektopik) bisa menjadi salah satu akibat dari adanya keputihan, selain itu gejala awal kanker rahim biasanya dimulai dengan adanya keputihan. Kanker leher rahim merupakan jenis penyakit yang berbahaya yang jika tidak ditangani dengan baik, akan berujung pada kematian. Jadi jangan anggap enteng keputihan.

Keputihan atau disebut juga fluor albus merupakan cairan yang keluar secara berlebihan dari vagina. Keputihan dapat di alami oleh siapa saja, tanpa memandang usia. Sifat-sifat keputihan, ada yang bersifat fisiologis (dalam keadaan normal) atau bersifat patologis (karena penyakit).

Keputihan itu dikatakan keputihan fisiologis jika keputihan tersebut terjadi ketika masa subur (sebelum atau sesudah menstruasi).

Keputihan pada masa subur (keputihan fisiologis), cairan yang keluar cenderung berwarna jernih atau sedikit kekuningan dan kental, tidak berbau dan tidak menimbulkan rasa gatal. Keputihan pada wanita hamil, tidak berpengaruh terhadap janin secara langsung. Karena janin dilindungi selaput ketuban.

Keputihan patologis disebut juga keputihan tidak normal. Jenis keputihan ini sudah termasuk kedalam golongan keputihan penyakit. Keputihan patologis dapat memberikan berbagai efek negative terhadap penderitanya. Keputihan patologis dapat disebabkan karena adanya benda asing pada vagina. Infeksi bisa sebagai akibat dari virus, bakteri, jamur, dan parasit bersel satu Trichomonas vaginalis. Keputihan patologis akibat adanya infeksi akan mengakibatkan meningkatnya resiko bayi lahir prematur pada wanita hamil dan bayi pun akan turut terkena infeksi. Bayi yang terkena infeksi virus beresiko mengalami ganngguan pencernaan dan gangguan pernapasan hingga bisa menyebabkan bayi mengalami kematian. Dan bayi yang mengalami infeksi akibat bakteri dapat menyebabkan kebutaan pada bayi.

Keputihan memiliki beberapa penyebab antara lain:

  1. Jamur Candidas atau Monilia                                                    
  2. Parasit Trichomonas Vaginalis
  3. Bakteri Gardnella
  4. Virus

Selain penyebab di atas, masih banyak penyebab keputihan yang lainnya. Antara lain sebagai berikut:

  1. Kebersihan yang kurang baik

Jika kebersihan di daerah vagina tidak dijaga dengan baik, akan menimbulkan berbagai jenis penyakit salah satunya adalah keputihan. Kelembapan pada vagina akan meningkat sehingga bakteri akan sangat mudah menyebar dan menimbulkan infeksi.

  1. Stress

Ketika stress, akan menimbulkan perubahan keseimbangan hormon-hormon yang dapat menyebabkan keputihan. Karena semua kinerja tubuh berpusat di otak.

  1. Penggunaan obat-obatan

Penggunaan obat antibiotik dalam jangka waktu yang lama dapat menyebabkan sistem imunitas pada tubuh wanita, dan obat antibiotik biasanya dapat menimbulkan keputihan. Sedangkan gangguan keseimbangan hormonal dapat juga disebabkan oleh penggunaan KB.

     Vagina memiliki pH normal berkisar 3,8-4,2. Jika pH kurang dari 3,8 maka akan tumbuh jamur. Dan jika lebih dari 4,2 maka akan tumbuh bakteri penyebab infeksi. Ada beberapa factor yang mengganggu pertahanan alami vagina, antara lain: konsumsi antibiotik, darah haid, semen (cairan sperma), douching (cairan pembersih), dan kebiasaan tidak sehat seperti malas mengganti pakaian dalam atau menggunakan pakaian yang terlalu ketat. Penggunaan obat antiseptik pada vagina (iodine, povidon, sirih, dll) memang dapat membunuh bakteri dan jamur yang terdapat pada vagina. Namun, bukan hanya bakteri yang bersifat patogen yang dimusnahkan tetapi bakteri baik seperti Lactobacillus pun dapat mati karenanya. Setelah menggunakan obat antiseptic tersebut, pengguna akan merasa kesat pada vagina. Mereka beranggapan bahwa rasa kesat tersebut disebabkan karena vagina sudah bebas dari bakteri. Padahal rasa kesat tersebut menandakan naiknya pH pada vagina. Salah satu cara menjaga pertahanan alami vagina adalah dengan menyeimbangkan mikroflora vagina, yakni dengan memelihara populasi Lactobacillus. Bakteri probiotik inilah yang menghasilkan asam laktat dan menjaga pH alami vagina, sehingga jamur maupun bakteri patogen tidak bisa berkembang biak. Ia juga secara langsung berkompetisi dengan jamur/bakteri patogen. Cairan pembasuh vagina yang mengandung V serum juga dapat membantu mempertahankan populasi Lactobacillus di vagina.

Mengapa Lactacyd menjadi rekomendasi para dokter untuk mengatasi keputihan?

Lactacyd® dengan komposisi Vserum 900 mg dan asam laktat 1 gram, dapat digunakan sebagai pembersih bagian luar vagina sehari-hari maupun selama menstruasi, serta sebagai pendamping pengobatan saat vagina terasa gatal dan nyeri karena Lactacyd® tidak membunuh bakteri secara langsung, melainkan ’menyuplai’ zat aktif alami guna memberikan suasana kondusif bagi Lactobacillus. Dengan demikian, jumlah Lactobacillus dan asam laktat meningkat; sistem pertahanan melalui asam laktat dan kompetisi nutrisi oleh Lactobacillus tercapai, pH vagina pun terjaga.

 Referensi:

http://www.penyebabkeputihan.com/

http://doktersehat.com/penyebab-keputihan-dan-tips-menghindari-keputihan/#ixzz1uF4RNRs1

Penyebab Keputihan Pada Wanita

http://bidanku.com/index.php?/keputihan-pada-wanita-jenis-penyebab-dan-pencegahan

About ninismt

just ordinary people

49 responses »

  1. Rahmita El jannati mengatakan:

    Sip, setuju, bahwa laktasid cocok sebagai obat yang mengurangi keputihan. Untuk menguatkan, Sebuah uji klinis yang dilakukan di poliklinik Sitologi RSCM membuktikan manfaat ekstrak susu bagi kesehatan vagina. Susu? Pernahkah hal itu terlintas di benak kita ?
    Ternyata, susu mengandung zat aktif yang diesktrak menjadi asam laktat dan laktoserum yang secara klinis terbukti mengurangi keluhan gatal, rasa terbakar dan keputihan pada vagina.

    “Penelitian kami terhadap 71 kasus fluor albus (keputihan) dengan keluhan rasa gatal, terbakar dan keputihan menunjukkan pengurangan rasa gatal sebesar 86,1%, pengurangan rasa terbakar 87,5% dan pengurangan keputihan 81,1% setelah pasien dirawat dengan pemberian larutan asam laktat dan laktoserum dua kali sehari selama dua minggu,” papar dr. Junita.
    Dari hasil uji klinis disimpulkan bahwa asam laktat dan laktoserum bermanfaat mengurangi keluhan karena keputihan dan menghambat pertumbuhan jamur (kandida) dan dermatofit (kapang).
    Jadi bagaimana agar mendapatkan ekstrak susu berupa asam laktat dan laktoserum, apakah harus melakukan fermentasi dulu? wah, tak perlu harus seribet itu. Kalau ingin hasil ‘jadi’ dan tinggal pakai sudah ada Lactacyd yang dijual bebas di pasaran.

    http://www.seksualitas.net/menjaga-kesehatan-vagina-dengan-susu.htm

  2. Husnul mengatakan:

    Artikelnya bagus sekali untuk pengetahuan bagi para ladies yg blum begitu faham tentang penanganan keputihan, karena yang biasa kita tahu bakteri penyebab keputihan akan mati dengan “sabun-sabuh” khusus kewanitaan yang biasa dijual dipasaran. Ternyata ada “bakteri baik” pada vagina yang seharusnya tidak kita bunuh. “Lactobacillus merupakan penghuni normal dari saluran pencernaan manusia. Lactobacillus adalah kelompok bakteri gram-positif. Jenis bakteri ini membentuk sebagian besar dari kelompok bakteri asam laktat, dinamakan demikian karena kebanyakan anggotanya dapat mengubah laktosa dan gula lainnya menjadi asam laktat. Kebanyakan dari bakteri ini umum dan tidak berbahaya bagi kesehatan. Dalam manusia, bakteri ini dapat ditemukan di dalam vagina dan sistem pencernaan, dimana mereka bersimbiosis dan merupakan sebagian kecil dari flora usus. Produksi asam laktatnya membuat lingkungannya bersifat asam dan mengganggu pertumbuhan beberapa bakteri merugikan.” sumber: http://www.inspirasisehat.com/bion-3-healthy-guides/455-lactobacillus-gasseri-probiotik-ramah-untuk-pencernaan
    Berarti yang ninis maksud Lactacyd dalam artikel ini adalah sebuah produk ya? :)

    • ninismt mengatakan:

      benar sekali nunuuuy.. dan ironisnya, rasa kesat yg mereka rasakan psca memakai sabun/pmbersih lainnya mereka anggap itu adalah tanda yg sangat baik. justru malah sebaliknya, rsa kesat itu mnandakan semua bkteri mati tnpa terkecuali..
      iya nuy nama produuk.. afwiik ya sebut merk.. hahay

  3. amuysaepudinmoch mengatakan:

    artikelnya bagus banget!!! dan penting sekali terutama untuk kaum hawa, tetapi tidak kalah pentingnya dengan kaum adam.meskipun kaum adam tidak pernah mengalaminya tapi pemahaman tentang materi ini sangat lah penting. menurut artikel yang saya baca bahwa keputihan juga bisa disebabkan atau ditularkan lewat hubungan seks terutama jika seks yang dilakukan dengan lebih dari satu pasangan, perlengkapan mandi, atau bibir kloset. Cairan keputihan sangat kental, berbuih, berwarna kuning atau kehijauan dengan bau anyir dan bau amis. Keputihan karena parasit tidak menyebabkan gatal, tapi liang vagina nyeri bila ditekan.

    http://www.caraalamimengobatipenyakit.com/2012/01/keputihan/?print=1

    • ninismt mengatakan:

      hehe.. yups muy, amuy kan calon suami yg baiiik.. jd nanti kalau istrinya blm tau tentang hal ini, amuy lah yg kasih tau.. ckck.. syukron akhy..

  4. elzannaty mengatakan:

    saya setuju jika kaum hawa menggunakan lactcyd. ternyata didalam vagina terdapat macam-macam bakteri, 95 persen lactobacillus, 5 persen patogen. dalam kondisi ekosistem vagina seimbang, bakteri patogen tidak akan mengganggu. bila keseimbangan itu terganggu, maka tingkat ke asaman menurun, pertahanan alamiah juga menurun,dan rentan mengalami infeksi. infeksi yang terjadi pada vagina yaitu keputihan.namun tidak semua keputihan merupakan penyakit (seperti yang dikatakan dalam komentar husnul).
    nah, hal yang harus di ingat dan di ketahui yaitu menjaga keseimbangan ekosistem vagina agar tidak terjadi infeks. cara yang paling mudah adalah menjaga kebersihan vagina tetapi dengan tetap mempertahankan derajat keasaman PH, sehingga pertumbuhan lactobacillus meningkat dan perkembangbiakan organisme patogen terhambat. lactacdy mengandung as.laktat dan laktoserum yang berfungsi untuk mengurangi keputihan dan menghambat pertumbuhan jamur dan kapang.tetapi juga tidak mengganggu pertumbuhan lactobacillus. untuk itu lactacyd bagus untuk digunakan supaya ekosistem vagina tetap terjaga.

    http://id.keplok.com/seputar-sex/read/ternyata-ekstrak-susu-sehatkan-vagina-2601.html

  5. meutiasanti mengatakan:

    Ninis artikelnya bagus…saya sangat setuju, karena lactacyd memang benar-benar bisa mengurangi keputihan dan aman digunakan untuk beberapa kali dalam sehari, selain itu lactacyd baik digunakan ketika menstruasi, berbeda dengan pembersih lainnya yang justru tidak diperbolehkan untuk digunakan setiap hari dan ketika menstruasi, selain itu keputihan dapat di obati dengan pola makan yang baik yaitu dengan mengurangi makanan yang manis-manis dan makanan yang mengandung karbohidrat olahan (misalnya gula, kue bolu, cake, biscuit). Makanan seperti itu akan meningkatkan populasi bakteri penyebab keputihan. Kartena Gula merupakan makanan bakteri dan jamur. Dan alat reproduksi kita letaknya berdekatan dengan usus.

    http://sweetspearls.com/health/meredam-keputihan/

  6. anamarutti mengatakan:

    setuju dengan artikel yang ninis buat ana juga melihat dari sumber yang ninis rujuk,wah kita sebagai yang bisa mengalami itu harus hati2 yya dan selalu menjaga kebersihan pada tubuh kita. nis na hanya mau menambahkan adanya resiko jangka panjang yaitu contoh salah satunya kanker servik pada link dibawah ini

    http://health.detik.com/read/2010/11/03/124854/1483969/886/apa-akibat-keputihan-dalam-jangka-waktu-lama

    dan ada lagi http://health.detik.com/read/2010/11/03/124854/1483969/886/apa-akibat-keputihan-dalam-jangka-waktu-lam

  7. aidafitriyah mengatakan:

    Nice ukhti artikelnya ^_^
    Dalam kondisi normal, bakteri ae­rob dan anaerob hidup “damai” di vagina. Mereka adalah bakteria normal. Bakteri aerob yang hidup di vagina antara lain cory­ne­bacterim, nonhemolytic streptococcus, enterococcus, staphylococcus epidermi­dis, e-coli dan Gardnerella. Sedangkan bakteri anaerob di vagina antara lain Pep­to­coccus, bacteroides, fusiform bacillus dan mobiluncus.
    Di samping bakteri baik ini, ada juga bakteri “jahat” yang merugikan seperti Chlamydia. Organisme jahat lain yang bi­sa hidup di vagina adalah Candida.
    Bakteri baik dan jahat ini akan hidup di dalam vagina kita, tergantung kesesuaian tempat berkembang biaknya. untuk mencegah bakteri jahat itu hadir, kita sebagai kaum hawa wajib menjaga kebersihan vagina, tetapi dengan tetap memperta­han­kan derajat keasaman pH, sehingga pertumbuhan bakteri baik meningkat dan perkembangbiakan organisme patogen ter­hambat.

    http://www.majalah-farmacia.com/rubrik/one_news.asp?IDNews=569

  8. aiyusoemarno mengatakan:

    sekedar tambahan nis bahwa Penyebab keputihan ini biasanya sejenis microorganisme,Yaitu jamur Candida Albicans atau bakteri trichomonas vaginalis dan bisa juga disebabkan oleh cacing kremi yang diebabkan dari daerah dubur yang berpindah ke vagina.
    Keputihan juga menjadi penanda adanya infeksi atau tumor bahka kanker rahim,atau indung telur.Bila ada tumor/kanker ada kemungkinan juga menimbulkan masalah dalam kesuburan atau kemungkinan tidak bisa mempunyai keturunan.
    Maka dari itu sebaiknya apabila keputihan menimpa diri anda segerah obati secara tuntas.Keputihan juga bisa menyebabkan infeksi baru disekitar vagina.Infeksi ini bila dibiarkan akan menjalan rongga rahim dan saluran telur.
    Ramuan tradisional yang paling umum digunakan untuk mengatasi keputihan adalah ramuan sejenis kunci-suruh.Ramuan ini terdiri dari dari campuran temu kunci(biasanya kunci pepet) dengan daun sirih.http://www.luziansya.com/cara-mengatasi-keputihan-yang-bandel/

  9. syafafauziah mengatakan:

    setujuh banget dengan artikel ninis, ni bagus sekali yah unutuk kaum perempuan yg belum tau

  10. Dian Ratna Sari mengatakan:

    hayooooo kaum hawa yg blm ngerti,,, di baca artikel ini iiaa :)
    terima kasih ninis atas informasinya,,, dpt ilmu baruuu…..

  11. latifa180692 mengatakan:

    niss, teh ipeh mau nambahin tentang konsep probiotik dan prebiotik yah yg sepertinya belum sempat disinggung .
    1. Pengertian probiotik adalah suatu makanan tambahan yang berupa mikroba hidup baik bakteri maupun yeast (ragi) yang mempunyai pengaruh menguntungkan . Probiotik yang mudah ditemukan adalah dalam yogurt atau produk fermentasi susu lainnya, disarankan mengonsumsi secangkir yogurt sehari untuk kesehatan vagina yang optimal.
    2. Prebiotik merupakan bahan makanan bernutrisi yang digunakan untuk tumbuh dan berkembangnya bakteri baik yang sudah ada di dalam tubuh manusia. contoh prebiotik untuk perkembangan bakteri baik dlm vagina adalah jus cranberry, vit A dan C.

    jadi prebiotik adalah sumber bahan makanan probiotik
    sumber :

    http://www.squidoo.com/beda-probiotik-dan-prebiotik

    http://bisnisorimarru.com/?cat=7&paged=3

  12. bayuafr mengatakan:

    Mau menambahkan ya mbaaaak. Selain lactacyd, pengaturan gizi juga diperlukan untuk mengatasi keputihan. Adanya keputihan menandakan terjadinya infeksi di dalam tubuh, maka dari itu gizi juga mempunyai peran penting untuk mencegah terjadinya infeksi. Misalnya: protein, mineral, air, dan vitamin diperlukan untuk mengatur keseimbangan air didalam sel, bertindak sebagai buffer dalam upaya memelihara netralitas tubuh untuk membentuk antibodi sebagai penangkal organisme yang bersifat infektif dan bahan-bahan asing yang dapat masuk ke dalam tubuh. Maka dari itu, ayo makan makanan yang lengkap :)
    sumber : http://repository.usu.ac.id/bitstream/123456789/24083/4/Chapter%20II.pdf

  13. tutikhoiriah mengatakan:

    Artikel yang menarik, saya setuju bahwa lactacyd digunakan untuk mengurangi keputihan. Oh ya teman, Infeksi juga terjadi karena terganggunya keseimbangan ekosistem di vagina. Ekosistem vagina merupakan lingkaran kehidupan yang dipengaruhi oleh dua unsur utama, yaitu estrogen dan bakteri Lactobacillus atau bakteri baik.Bila keseimbangan itu terganggu, misalnya tingkat keasaman menurun, pertahanan alamiah juga akan turun, dan rentan mengalami infeksi. Ketidakseimbangan ekosistem vagina disebabkan banyak faktor. Di antaranya kontrasepsi oral, penyakit diabetes mellitus, antibiotika, darah haid, cairan sperma, penyemprotan cairan ke dalam vagina (douching), dan gangguan hormon seperti saat pubertas, kehamilan, atau menopause.http://www.klikdokter.com/tanyadokter/read/2012/02/21/16304/keasaman-vagina

  14. hanahamdlah mengatakan:

    setuju lactacyd aman untuk dipakai terbukti kandungan didlamanya sesuai dengan PH yang dibutuhkan oleh bagian sensitif wanita. tapi bagaimana denga produk yang lain, aman juga digunakan atau tidak?

    • ninismt mengatakan:

      setau saya, jika yg digunakan itu sabun sirih, mungkin itu juga baik, tetapi seperti yang sdh sya bhas d atas, sabun sirih atau sabun mndi jika digunakan untuk membersihkan miss v, dia akan membunuh semua bakteri tanpa terkecuali.. sehingga ekosistem miss v tdk seimbang dan dapat menimbulkan infeksi. atau keputihan yg bersifat pathogen.

  15. ellanurlelasari mengatakan:

    Artikelnya menarik,, beberapa dokter terutama dokter alat kelamin dan kulit menyarankan penggunaan sabun pembasuh. Beragam sabun pembasuh vagina semakin banyak beredar di pasaran. Mulai yang mengandung ekstrak herbal hingga berbahan povidone iodine maupun lactic acid. Boy Abidin, MD(spesialis kebidanan dan penyakit kandungan) dari RS. Mitra Keluarga Kelapa Gading Menurutnya, pemilihan sabun pembasuh sebaiknya yang memiliki pH sesuai dengan vagina seperti sabun pembasuh berbahan lactic acid. Sementara sabun pembasuh berbahan povidone-iodine kurang disarankan karena pH-nya tidak seimbang. Sumber:

    http://kesehatan.kompasiana.com/medis/2010/04/15/aturan-main-di-zona-intim/

  16. Iyus Abdusyakir mengatakan:

    sedikit tambahan saja Pencegahan terhadap keputihan sama dengan pencegahan-pencegahan terhadap penyakit lain. Yang paling utama untuk mencegah keputihan adalah menjaga kebersihan dan kelembaban vagina (Obat Vagina). Kita berganti celana dalam sesering mungkin karena kalau terlalu lembab bisa jadi sumber infeksi dan menimbulkan gejala keputihan.

    Kalau keputihan enggak normal ini dibiarkan saja tanpa diobati, akibatnya infeksi bisa menjalar, masuk ke dalam rahim, saluran telur, dan bisa juga sampai menginfeksi ovarium. Kondisi ini bisa merusak organ reproduksi bagian dalam dan bisa juga mengakibatkan kemandulan. Lihat Obat Keputihan Vagina, Keputihan Obat dan Wanita Keputihan.
    silahkan untuk informasi tambahan klik http://kamissore.blogspot.com/2009/06/bahaya-keputihan.html

  17. izkar19annyeonghaseyo mengatakan:

    wah infonya bagus nii, apalagi sebagai perempuan pasti pernah mengalami keputihan, menurut sumber yang saya baca Pembersih kewanitaan Lactacyd terbagi 2; yaitu Lactacyd Woman untuk wanita dewasa dan Lactacyd Teen untuk remaja putri yang aktif. Pembersih vagina berupa antiseptik (iodine povidon, sirih, dll) hanya dapat digunakan dalam keadaan tertentu, yaitu apabila terjadi gatal atau infeksi. Namun tidak untuk menjaga kesehatan vagina sehari-hari. Hal ini karena antiseptik tidak hanya membunuh bakteri dan jamur patogen, tapi juga membunuh Lactobacillus (bakteri baik)
    sumber:http://dokterkito.blogspot.com/

  18. qumillaila mengatakan:

    nice blog. tapi menurut saya memakai sabun/ obat-obatan pembersih justru dapat memicu kanker serviks. jadi kalau memakai seperlunya saja, misalnya saat sakit kn pipisnya jarang ke toilet alias pakai pispot, nah lactasid ini bisa dimanfaatkan untuk membunuh bakteri di vagina. http://alibusro.blogspot.com/2010/12/mencegah-kanker-rahim-shopping-race.html

    mm,, ngomong-ngomong ini merk yah hahaha :D

  19. birrilazizah mengatakan:

    artikel yang sangat bermanfaar bagi para kaum hawa untuk tetap menjaga kebersihan mahkotanya. ini artikel yang baguuus!!!
    saya juga telah membaca artikel yang berjudul “lactacyd untuk keseimbangan ekosistem vagina” pada link http://dokterkito.blogspot.com/2009/06/lactacyd-untuk-keseimbangan-ekosistem.html
    itu juga sangat menambah pengetahuan, banyak yang dapat kita ambil dari artikel ini. terimakasiiiih ya ninis untuk artikelmu yang sangat bermanfaat ini.

  20. novutripertiwi mengatakan:

    ada tambahan nih say..
    Banyak cara dilakukan untuk membuat vagina tetap dalam kondisi prima. Ada yang melakukan ratus, mencuci dengan air sirih atau rajin membasuhnya dengan cairan antiseptik. Benarkah itu?
    Tunggu dulu. Teryata pemakaian air rebusan daun sirih atau cairan antiseptik untuk area intim perempuan tidak disarankan. Kenapa? Pasalnya keduanya bersifat bakterisid alias mematikan semua mikroba, tanpa memandang itu bakteri baik (flora normal vagina) atau bakteri patogen (bersifat merugikan). Jika hal ini berlangsung terus-menerus, bukan kondisi sehat yang didapatkan area intim kita, tapi malah sebaliknya, bisa terjadi infeksi.
    Menurut Dr. Junita Indarti SpOG, dokter spesialis kebidanan dan penyakit kandungan dari RS Cipto Mangunkusumo/FKUI mengungkapkan infeksi vagina terjadi karena terganggunya keseimbangan ekosistem di area tersebut.
    Ekosistem vagina sendiri, lanjut dr. Junita, adalah lingkaran kehidupan yang terdapat pada vagina, dipengaruhi oleh dua unsur utama yaitu estrogen dan bakteri Lactobacillus (bakteri baik). “Jika keseimbangan ekosistem ini terganggu, bakteri Lactobacillus akan mati dan bakteri patogen tumbuh. Mekanisme alami yang ada menjadi terganggu sehingga tubuh rentan terhadap infeksi,” ujar dr. Junita

    sumber: http://www.seksualitas.net/menjaga-kesehatan-vagina-dengan-susu.htm.

  21. Rista Gustina mengatakan:

    info menarik ni…bakteri lactobacilus pada vagina memang harus dijga karena dia bakteri yang bersahabat..temen-temen vagina itu memang tidak mempunyai sifat keset dan dia memang berbau khas…ada ga konsentrasi berbeda penggunaan lactacyd pada wanita dewasa dan remaja? karena dalam sebuah artikel lactacyd ini dibedakan menjadi lactacyd untuk wanita dewasa dan remaja.
    .http://dokterkito.blogspot.com/2009/06/lactacyd-untuk-keseimbangan-ekosistem.html

  22. Musliyadi mengatakan:

    Aduuh agak risi saya membaca artikel’a karena berhubungan langsung sama daerah sensitif wanita.. hhe
    tp artikel’a sangat bagus nis, ini sanagt bermanfaat khususnya bagi kaum akhwat..
    ini cm tambhan, Menurut dr. Diana Komara, Medical Advisor Lactacyd, cairan pembersih Lactacyd berbeda dengan pembersih kewanitaan yang selama ini ada, bukan pula antibiotik biasa, sehingga tidak membunuh flora normal vagina, melainkan justru meningkatkan pertumbuhannya karena menyediakan makanan bagi bakteri baik tersebut.

    http://www.seksualitas.net/menjaga-kesehatan-vagina-dengan-susu.htm

  23. dityaambar mengatakan:

    Tapi saya jadi bingung, lactacyd itu kan bahan kimia, apakah dampaknya baik jika dipakai secara berkala? Bagaimana dengan cara tradisional saja? Dengan menggunakan daun sirih misalnya, saya jadi bingung, karena ibu saya sendiri bilang daun sirih itu bisa membuat rahim kering, tapi ternyata berdasarkan sumber dari (http://ad.okezone.com/microsite/unzavitalis/10mitos/) daun sirih sangat bermanfaat bagi vagina. Bagaimana ini yang benar?

  24. irmarikha mengatakan:

    setuju dengan artikel saudari ninis, memang jika sabun sirih yang digunakan dapat membunuh semua bakteri. termasuk bakteri baik yaitu Lactobacillus.
    Lactacyd mengandung kombinasi asam laktat dan laktoserum sebagai pembersih organ kewanitaan bersifat alami karena tidak membunuh bakteri laktobasilus melainkan meningkatkan pertumbuhannya.
    Selain itu karena kita tinggal di daerah tropis yang panas membuat kita sering berkeringat. Keringat ini membuat tubuh kita lembab, terutama pada organ seksual dan reproduksi yang tertutup dan berlipat.

    Akibatnya bakteri mudah berkembang biak dan eksosistem di vagina terganggu sehingga menimbulkan bau tak sedap serta infeksi. Untuk itulah kita perlu menjaga keseimbangan ekosistem vagina. oleh karena itu sangat penting untuk menjaga kebersihan vagina..

  25. Annisa Febrianti mengatakan:

    ninis, aku mau tanya
    kalau penggunaan pantylinier itu bgaimana untuk kesehatan wanita?
    apakah efektif atau malah mengakibatkan hal yang fatal untuk wanita itu ?

  26. maryamnurfadilah mengatakan:

    ya kalau di dokter biasanya kita disarankan menggunakan obat2an kimiawi,.pengalaman sy keputihan alhamdulilah bisa dihilangkan dengan obat herbal seperti daun sirih yang telah di rebus dan tunggu sampai suam2 kuku kemudian bersihkan daerah V menggunakan rebusan daun sirih tersebut 2x sehari atau bila perlu bisa di tambah….
    dan hindari mmakan buah nanas,bangkuang dan mentimun,buah tersebut dpt memicu adanya keputihan dah hindari yg manis2 …..

    http://petuasejagat.blogspot.com/2011/01/penyebab-keputihan-wanita-dan-cara.html

  27. Isy Karimah mengatakan:

    ehem… kita (wanita) bgt yah artikelnya.. hehe
    bagus bgt nis artikelnya, aku setuju dgn solusi itu…
    tapi apa yang mmbedakan lactacyd dgn sabun2 lainnya seperti Abothyl dan resik2?
    lalu mengapa keputihan lebih sering diamlami remaja yang baru puber, adakah faktor2 pembeda antara remaja dgn umuran kita ini?

  28. wildatiauli mengatakan:

    lactacyd memang bagus untuk keputihan tapi menurut saya bahan yang alami lebih bagus dibanding bahan kimia dan penggunaan daun sirih serta lactacyd sebaiknya janga terlalu sering karena dsebagaimana kita tahu bahwa keputihan itu tidak haya disebabkan oleh Candida albicans saja tapi juga kebersihan diri, wanita yang sering memakai celana ketat lebih besar potensinya untuk mengalami keputihan karena ketatya celana bisa menyebabka ruangan di bagian vagina lembab dan menimbulkan jamur lalu mucullah keputihan. oh ya, saya sisipka link yang membahas tentang daun sirih dan mitos-mitos tentang daun sirih http://ad.okezone.com/microsite/unzavitalis/10mitos/.

    oh ya apakah pria dapat mengalami keputihan nis?saya membaca di suatu forum tapi tidak ada penjelasan mengenai keputihan pada prianya. Sumber: http://www.inspirasisehat.com/ask-the-expert/1079-sering-mengalami-keputihan-berwarna-hijau-dan-bau

  29. tiolutfisahlan mengatakan:

    Assalamu’alaykum… aaduuuh bingung mau komentar apa. karna tak punya pengalaman tentang artikel diatas. tapi untuk ank dan istri saya kelak sepertinya sangat bermanfaaat. artikel diats bagus khususunya bagi remaja yg belum mengetahui tentang keputihan itu apa. maaf kalau keluar tema ya pertanyaannya, apakah ketika istri keputihan kita tidak boleh berhubungan…? plus alasan.!
    maaf kalau keluar tema. maksh ^_^

  30. annisa52 mengatakan:

    kalau dari sumber yang saya baca, cara untuk menghilangkan keputihan penyakit adalah dengan menggunakan biji sawi dan madu yang diracik dengan cara tertentu. hal ini bisa dilihat dari kandungan biji sawi itu sendiri.

    http://www.herbalextractsplus.com/mustard-seed.cfm

  31. birrilazizah mengatakan:

    terimakasiiiih niniiiiis, artikelnya baguuus… apalagi bagi para hawa wajib mengetahui cara perawatan & penjagaan mahkotanya. setujuuuu dengan artikel ninis lactacyd memang bagus untuk mengatasi keputihan. makasiiiih buat info barunya yaaa niniiiis ^_^

  32. blinda mengatakan:

    alhamdulillah..informasinya sangat edukatif dan informatif bagi para istri maupun yang masih single….

  33. Nevy mengatakan:

    trimakasih infonya niniss.. artikelnya sedikit membuat saya mengerti obat keputihan.. sebelumnya mgkn saya was2 trus memikirkan masalah keputihan ini… :)

  34. I’ve read some just right stuff here. Definitely worth bookmarking for revisiting. I surprise how much attempt you set to make this sort of fantastic informative site.

  35. fiemi mengatakan:

    Apa lactacyd aman di pakai untuk ibu hamil? Terus dipakainya sehari berapa kali?

  36. yosi mengatakan:

    setuju. . saya sudah membuktikan sendiri.lactacyd memang oke untk kaum hawa.

  37. tari mengatakan:

    sya sih blum pernah pakai, tpi sya sempat mengalami infeksi karena menggunakan resik V itu, dan stelah sembuh kta bidan menyarankan memakai betadin feminim tp dokter menyarankan lactacyd

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s